Ahsanallahu ilaikum.
Bab: Ayat-ayat surat al-Fatihah ada tujuh, yaitu firman Allah Ta’ala:
“Aku berlindung kepada Allah dari setan yang terkutuk.”
Ini tidak tertulis di sini!
Ini tidak tercantum.
Bagaimana pendapat kalian, setuju dengannya? Tidak? Mengapa?
Mengapa mestinya tanpa menyebut taawuz?
Benar, karena taawuz bukan termasuk firman Allah.
Sehingga jangan diucapkan, “Allah Ta’ala berfirman: A’udzubillahi minasy syaithonir rojim.”
Ini kesalahan yang banyak tersebar.
Taawuz adalah zikir yang dibaca sebelum membaca al-Quran,
baik itu saat membaca dari awal surat atau pertengahannya.
Jika seseorang ingin membaca suatu surat al-Quran, (urutannya) [1] ia mengucapkan, “A’udzubillahi minasy syaithonir rojim …
[2] (setelah itu bilang) Allah Ta’ala berfirman: Bismillahirrahmanirrohim…”
Itu jika perlu diucapkan juga “Allah Ta’ala berfirman …”
Jika tidak perlu diucapkan, maka (langsung dibaca ayatnya), karena sebagaimana diketahui, taawuz bukan termasuk ayat al-Quran secara ijmak.
Namun, taawuz dibaca sebelum membaca al-Quran.
Ia bertanya, “Apa hukum mengucapkan ‘Allah Ta’ala berfirman’, setelah mengucapkan A’udzubillahi minasy syaithonir rojim?”
Itu dibolehkan, karena tidak menisbatkan taawuz kepada Allah. Namun, lebih baik tidak perlu mengucapkannya agar tidak membingungkan banyak orang.
====
أَحْسَنَ اللهُ إِلَيْكُمْ
فَصْلٌ وَآيَاتُ الْفَاتِحَةِ سَبْعٌ وَهِيَ قَوْلُهُ تَعَالَى
أَعُوذُ بِاللهِ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيمِ
مَا هُوَ مَكْتُوبٌ هَذَا
مَا هُوَ مَذْكُورٌ
أَيْش رَأْيُكُمْ تُوَافِقُوْنَهُ؟ قَالَ لَا لِيشْ؟
لِيش بِدُوْنِ الِاسْتِعَاذَةِ؟
أَحْسَنْتَ لِأَنَّ الِاسْتِعَاذَةَ لَيْسَتْ مِنْ كَلَامِ اللهِ
فَلَا يُقَالُ قَالَ اللهُ تَعَالَى أَعُوذُ بِاللهِ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيمِ
هَذَا خَطَأٌ مُنْتَشِرٌ
فَالاِسْتِعَاذَةُ ذِكْرٌ يُؤْتَى بِهِ بَيْنَ يَدَيْ قِرَاءَةِ الْقُرْآنِ
إِمَّا فِي ابْتِدَاءِ السُّورَةِ وَإِمَّا فِي أَثْنَائِهَا
فَإِذَا أَرَادَ أَحَدٌ أَنْ يَقْرَأَ سُورَةً يَقُولُ أَعُوذُ بِاللهِ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيمِ
قَالَ اللهُ تَعَالَى بِسْمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ
إِنْ احْتَاجَ أَنْ يَقُولَ قَالَ اللهُ تَعَالَى
وَإِنْ لَمْ يَحْتَجْ فَإِنَّ الْمَعْرُوفَ أَنَّ الِاسْتِعَاذَةَ لَيْسَتْ مِنَ الْقُرْآنِ إِجْمَاعًا
وَإِنَّمَا يُؤْتَى بِهَا بَيْنَ يَدَيْ قِرَاءَةِ الْقُرْآنِ
يَقُولُ مَا حُكْمُ قَوْلِ قَالَ اللهُ تَعَالَى بَعْدَ أَعُوذُ بِاللهِ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيمِ
هَذَا جَائِزٌ لِأَنَّهُ لَا يَنْسِبُهَا إِلَى اللهِ لَكِنَّ الْأَوْلَى أَنْ يَتْرُكَ هَذَا وَلَا يَذْكُرُهُ حَتَّى لَا يُشَوِّشُ عَلَى النَّاسِ